Menu Click to open Menus
TRENDING
iklan
Home » Ada Politik » Anies (tampak) Tegang, Lepas 10 Jam Diperiksa Polda Metro

Anies (tampak) Tegang, Lepas 10 Jam Diperiksa Polda Metro

(233 Views) November 18, 2020 9:16 am | Published by | No comment
iklan

AdaNews.id-Buntut kerumunan massa yang terjadi pada saat penjemputan dan acara pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab langsung memakan korban. Sejauh ini baru Kapolda Jabar dan Kapolda Metro yang dicopot dari jabatannya. Mereka dianggap lalai terhadap para pelanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Korban lain juga menyasar pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sebagai kepala daerah, Anies bukan hanya dianggap lalai. Dia juga dinilai telah memfasilitasi acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab—putri Habib Rizieq, Sabtu (14/11/20) lalu. Faktanya, ikut hadir dalam pesta pernikahan. Anies pun harus menanggung akibatnya.

Polda Metro Jaya akhirnya memanggil orang nomor satu di ibu kota negara tersebut untuk dimintai keterangan, Selasa (17/11/20). Dan, Anies pun mematuhi panggilan tersebut.

Setelah hampir 10 jam dimintai keterangan oleh penyidik Polda Metro Jaya, akhirnya Anies Baswedan keluar. Dia pun langsung menggelar jumpa pers.

Seperti ditayangkan langsung televisi swasta, iNEWS, Anies tidak banyak memberikan pernyataan. Dia menyerahkan sepenuhnya terhadap pihak Polda Metro Jaya terkait pertanyaan apa saja yang dilontarkan terhadapnya.

“Fakta yang ada, tidak ditambah, tidak dikurangi. Adapun isi detil pertanyaan atau klarifikasi dan lain-lain biarlah pihak Polda Metro Jaya untuk menambahkan atau menyampaikan sesuai dengan kebutuhan,” terang Anies.

Selepas memberikan keterangan singkat tersebut, Anies meninggalkan tempat konfrensi pers tanpa mau lagi menjawab pertanyaan dari sejumlah wartawan.

Bila dicermati, ada hal menarik saat Anies memberikan pernyataan. Wajahnya tampak tegang. Dia tidak seperti biasanya yang selalu antusias dan pandai merangkai kata bila sedang konfrensi pers.

Menurut hipotesa sederhana saya, ada dua kemungkinan alasan wajah Anies tampak tegang.

Pertama. Anies Khawatir

Sudah tak bisa dipungkiri lagi, Anies Baswedan memang tidak bisa mengelak dari tuduhan banyak pihak telah lalai terhadap aturan protokol kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya selaku kepala daerah.

Alih-alih mencegah, menegur dan kemudian menindak pelaku kerumunan. Anies malah (seperti) memfasilitasinya.

Boleh jadi, karena dia merasa bersalah dan tidak bisa mengemban tugasnya dengan baik. Anies timbul rasa khawatir dalam dirinya. Kasus yang menjeratnya ini berbuntut panjang. Misal dikenai sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Pasal 93 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan ancaman satu tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Jika ini sampai terjadi, tentu bakal menjadi kerugian besar. Bisa-bisa niatnya untuk kembali maju Pilkada DKI atau lebih jauhnya Pilpres bisa gagal.

Kedua. Lelah

Kemungkinan kedua, bisa jadi tegangnya wajah Anies akibat rasa lelah. Bukan perkara gampang menghadapi setiap pertanyaan dari penyidik Polda Metro Jaya selama 10 jam. Hal ini tentunya menguras tenaga dan pikiran yang tidak sedikit.

Mana yang benar, hanya Anies Baswedan sendiri yang mengetahui. Kita yang berada di luar hanya bisa menerka-nerka.

Seperti banyak diberitakan, yang dipanggil Polda Metro Jaya tidak hanya Anies Baswedan, jajaran di bawahnya pun bernasib sama. Mulai dari Wali Kota Jakarta Pusat, Lurah, Camat, KUA, Satgas Covid-19, Biro Hukum DKI, hingga tingkat RT, RW dan Linmas.

Untuk selanjutnya kita tunggu saja sejauh mana proses pemeriksaan ini berakhir. Apakah cukup sampai pemanggilan saja atau ada tindak lanjut lainnya? Menarik kita tunggu. (Elang Salamina)

Categorised in:

No comment for Anies (tampak) Tegang, Lepas 10 Jam Diperiksa Polda Metro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan iklan