Menu Click to open Menus
TRENDING
iklan
Home » Uncategorized » KPK Jabar Siap Kawal Bansos Covid-19

KPK Jabar Siap Kawal Bansos Covid-19

(160 Views) Januari 8, 2021 12:54 pm | Published by | No comment
iklan

AdaNews.id- Pandemi Covid-19 yang telah melanda tanah air sejak awal Maret 2020 lalu mampu memporak-porandakan sendi-sendi ekonomi. Imbasnya sangat berat dirasakan oleh masyarakat golongan kecil.

Mengatasi keterpurukan ekonomi, pemerintah pun sigap. Mereka langsung mengalokasikan sejumlah anggaran untuk didistribusikan berupa bantuan sosial (Bansos) terhadap masyarakat terdampak. Bansos ini jenisnya ada dua macam. Uang tunai dan paket sembako.

Alokasi bansos yang sangat besar tentunya rentan penyelewengan. Contoh nyata terjadi langsung di Kementrian Sosial. Menteri Sosial, Juliari Batubara ditangkap KPK karena terlibat kasus korupsi pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek.

Untuk memastikan alokasi bansos tersebut sampai pada pihak penerima, Komite Pencegahan Korupsi (KPK) Jabar siap mengawal seluruh pendistribusian yang berada di wilayah Jawa Barat.

Ditemui di kantornya, Ketua KPK Jabar Cabang Sumedang, Asep Apendi membenarkan hal tersebut. Malah, pihaknya diberi tugas khusus mengawal dan mengawasi alokasi bansos yang ada di Kabupaten Sumedang.

Menurut Asep, alokasi bansos yang bakal diawasi tersebut bersumber anggaran dari pusat, Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang sendiri.

“Termasuk bansos yang bersumber dari Dana Desa (DD),” ujar Asep, Jumat (8/1/21).

Lebih jauh Asep mengatakan, program pengawasan yang diinisiasi KPK Jabar ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap masyarakat kecil. Sehingga, mereka bisa merasakan manfaat dari adanya bansos dimaksud.

“Bukan rahasia umum, bansos yang terjadi kemarin masih banyak ditemukan salah sararan, sehingga masyarakat yang sebenarnya membutuhkan malah tidak dapat bantuan dimaksud. Nah, hal-hal seperti ini jangan sampai terjadi lagi,” ungkapnya.

Selain itu, masih diutarakan Asep, KPK Jabar juga ingin menyokong program pemerintah dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi. Khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang.

“Mudah-mudahan, dengan turunnya KPK Jabar dalam hal pengawasan bisa meminimalisir niat oknum-oknum yang akan menyunat bantuan,” ujar Asep.

Ditanya program selanjutnya, Asep mengatakan, KPK Jabar juga akan memberikan pencerahan terhadap masyakarakat tentang bahaya laten korupsi dan apa saja yang termasuk dalam tindak pidana korupsi dimaksud. Dengan begitu, masyarakat awam pun setidaknya bisa melakukan kontol terhadap segala aktivitas aliran dana pemerintah yang ada di wilayahnya masing-masing. Hal ini, menurut Asep, mengacu pada UU Nomor 14 2008 tentang keterbukaan publik dan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

“Rencananya yang bakal memberikan pencerahan atau penyuluhan tentang seluk beluk tindak pidan korupsi ini adalah orang dari KPK RI dan Ombudsman. Minta doanya saja agar semua program ini berjalan dengan lancar,” pungkas Asep. (Elang Salamina).

Categorised in:

No comment for KPK Jabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan iklan