Menu Click to open Menus
TRENDING
iklan
Home » Ada Politik » November Adalah Sejarah Buat Olah Raga Kita

November Adalah Sejarah Buat Olah Raga Kita

(195 Views) November 2, 2020 9:33 pm | Published by | No comment
iklan

AdaNews.id – Soekarno menggebrak dan menggetarkan dunia olahraga. Soekarno pemimpin dunia yang berani dengan mengadakan Olimpiade tandingan. Pada tahun 1963, dengan diselenggarakannya GANEFO ( Game of the New Emerging Forces ) sebagai ajang olahraga, Langkah itu diambil sebagai bentuk keberanian untuk menjaga martabat bangsa.

GANEFO (Games of the New Emerging Forces) yang merupakan pesta olahraga negara-negara berkembang itu seolah menegaskan bahwa politik tidak bisa dipisahkan dengan olahraga. Hal itu dilakukan Bung Karno sebagai bentuk aksi menentang doktrin Komite Olimpiade Internasional (KOI) yang berusaha memisahkan antara politik dan olahraga.

Langkah Bung Karno mendirikan GANEFO muncul setelah adanya kecaman KOI yang bermuatan politis pada Asian Games 1962, pada waktu itu Indonesia tidak mengundang Israel dan Taiwan dengan alasan simpati terhadap Tiongkok dan negara-negara Arab. Keputusan Bung Karno itu dikecam KOI karena Israel dan Taiwan merupakan anggota resmi KOI.

Dampaknya KOI menangguhkan keanggotaan Indonesia, dan Indonesia kena sanksi untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo. Dan ini adalah kali pertama KOI menangguhkan keanggotaan suatu negara.

GANEFO dengan jargon Onward! No Retreat (Maju Terus! Pantang Mundur), berlangsung pada tanggal 10 sampai 22 November 1963. Kejuaraan olahraga ala negara-negara anti imperialis ini diikuti sekitar 2.700 atlet dari 51 negara di Asia, Afrika, Eropa (Timur), dan Amerika Latin.

Keberhasilan GANEFO mempunyai efek politis yang maha dahsyat karena dua hari setelah penutupan GANEFO pada tanggal 24 dan 25 November 1963 para delegasi mencanangkan berdirinya Conference of New Emerging Forced (CONEFO) dengan agenda agar GANEFO dibuat pemanen dan Bung Karno dinobatkan sebagai pendiri GANEFO dan CONEFO

Walapun demikian Indonesia berharap bisa ikut serta pada Olimpiade Tokyo, dan pada 27 April 1964, KOI berkirim surat ke IOC dan meminta agar IOC mencabut skors Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Tokyo tahun 1964. Namun IOC bergeming, dan akhirnya anggota-anggota Negara Arab dan Jepang sebagai tuan rumah mendesak IOC dan akhirnya IOC mencabut skorsing dengan syarat ; melarang atlit- atlit Indonesia mengikuti olimpiade.

Kontingen Indonesia tetap berangkat ke Tokyo dan sesampainya di Tokyo mereka mengamcam IOC : agar mengizinkan seluruh kontingen Insonesia untuk ikut Olimpiade atau seluruhnya mengundurkan diri, namun IOC tetap pada keputusannya dan akhirnya Indonesia memutuskan angkat kaki dari Olimpiade Tokyo tahun 1964.   *daku

Categorised in:

No comment for November Adalah Sejarah Buat Olah Raga Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan iklan